KENDARI, – Sebanyak 21 pejabat Eselon II B mengikuti Pelaksanaan Uji Kompetensi dan Evaluasi Kinerja Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Eselon II B di lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Selasa (29/04/2025).
Uji kompetensi dibuka langsung oleh Bupati Konawe Utara, H. Ikbar, SH., MH yang didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konut Dr. Safruddin, S.Pd., M.Pd dan para panitia seleksi uji kompetensi.
Bupati Konawe Utara H. Ikbar dalam sambutannya mengatakan, uji kompetensi merupakan tahapan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka mengali kompetensi manajerial untuk mewujudkan ASN yang berkualitas dan berdaya saing.
“Uji kompetensi ini menjadi penting karena menjadi startegi dalam rangka peningkatan ASN sesuai harapan pemerintah dan masyarakat Konut,” katanya.
Ia pun berharap, bagi seluruh peserta eselon II B untuk dapat mengikuti dengan serius agar tahapan ini bisa berjalan sesuai yang diharapkan.
“Saya ingin tegaskan, bahwa tujuan kompetensi ini untuk bagaimana melihat kemampuan Masing-masing peserta. Karena yang saya butuhkan adalah orang-orang yang mampu beriringan dalam menjalankan visi misi dalam pemerintahan.
“Saya percaya, untuk bisa mencapai visi dan misi kita, kuncinya itu ada di OPD. Mesin pengerak kesejahteraan masyarakat itu ada pada OPD. Sehingga saya minta betul kepada semua untuk menjalankan uji kompetensi dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.
Terakhir, Bupati meminta kepada tim seleksi uji kompetensi agar bisa menyeleksi dan menghasilkan orang-orang yang berkompeten.
“Saya titip kepada panitia seleksi dalam proses pelaksanaan ini betul-betul menghasilkan OPD kita yang berkualitas untuk bisa menjalankan visi dan misi kami 5 tahun kedepan,” tegasnya.
Sementara, Ketua Panitia Uji Kompetensi Dr. Safruddin mengungkapkan, uji kompetensi pejabat eselon II B akan berlangsung selama 3 hari yang dimulai tanggal 28-30 April 2025.
Adapun peserta uji kompetensi sebanyak 21 peserta dengan rincian evaluasi kinerja terdiri atas Kepala Dinas Sosial dan Kepala BKPSDM.
Sedangkan uji kompetensi terdiri dari Asisten perekonomian dan pembangunan, Kepala Disnakertrans, Kepala BPBD, Kepala Disperindag, Kepala Dinas Tangan Pangan dan Peternakan, Staf Ahli Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan SDM, Kepala Kesbangpol,
Kepala PM-PTSP, Kepala Dinas Koperasi, Kepala Disdukcapil, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dishub, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Kepala Bapperida, Inspektur Daerah, dan Kepala Dikbud Konut.
“Semoga pelaksanaan uji kompetensi dan evaluasi kinerja ini dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan,” tutupnya. (*)
Tidak ada komentar